Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Inggris Resmi Pakai Vaksin AstraZeneca Lawan Covid-19

Inggris menyetujui penggunaan vaksin corona yang dikembangkan AstraZeneca dan Oxford University untuk melawan Covid-19.

Inggris menyetujui penggunaan vaksin corona yang dikembangkan AstraZeneca dan Oxford University untuk melawan Covid-19.

Pengumuman tersebut disampaikan pemerintah pada Rabu (30/12).

Izin penggunaan tersebut dikeluarkan setelah pemerintah Inggris menerima rekomendasi dari Badan Pengatur Produk Kesehatan dan Obat (MHRA).

"Mengizinkan vaksin Covid-19 Oxford University/AstraZeneca untuk digunakan," kata juru bicara pemerintah seperti dikutip dari AFP.

Inggris menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui penggunaan vaksin tersebut. Mereka juga yang pertama menyetujui vaksin buatan Pfizer-BioNTech.

AstraZeneca akan bergabung bersama Pfizer/BioNTech yang sudah digunakan dalam vaksinasi darurat di Inggris. Vaksinasi massal di Inggris telah dimulai pada (8/12) lalu.

AstraZeneca telah melaporkan hasil uji klinis tahap tiga yang dilakukan di Brasil dan Inggris beberapa waktu lalu.

Meskipun sempat ada kekeliruan dosis yang diberikan dalam proses uji klinis, namun klaim efikasi vaksin itu dinilai bisa dipercaya.

Vaksin AstraZeneca disebut 70 persen ampuh melawan Covid-19.

Angka efikasi tersebut didapat dari penggabungan data kelompok orang yang divaksinasi dengan dosis tepat, dan dosis yang keliru. Jika hanya menggunakan data kelompok dosis yang tepat, ditemukan efikasi sebesar 64 persen.

Meski lebih rendah, vaksin AstraZeneca telah mencapai standar efikasi minimal vaksin Covid-19 yaitu 50 persen. Vaksin AstraZeneca juga tidak perlu disimpan dalam suhu -80 derajat seperti vaksin Covid-19 Pfizer.

Hingga kini Inggris memiliki 2.382.865 kasus virus corona dan 71.567 kematian. Negara itu juga tengah dihantam penyebaran mutasi baru virus corona.

Contact us